Perbedaan Domain dan Sub Domain BANYUMASKAB

Image

Banjaranyar, 17/11/2017 | Domain adalah suatu nama yang unik, digunakan sebagai pengganti Alamat IP. Domain disebut juga sebagai Alamat Website, seperti contohnya  “banjaranyar.net” atau “banyumas.go.id  dan lainnya.

Struktur Domain memiliki 3 level. Bagian belakang, bagian tengah, dan bagian depan. Adapun level domain terbagi menjadi Top Level Domain, Second Level Domain, Third Level Domain.

Top Level Domain

Top Level Domain merupakan kata yang berada paling kanan dari suatu domain alias bagian belakang dari domain. Misalnya, www.banjaranyar.net Maka .net inilah yang menjadi Top Level Domain. Terdapat banyak jenis Top Level Domain (TLD) yang dapat kita gunakan seperti .com, .net, .edu, .org, .gov dan masih banyak lainnya.

Second Level Domain

Second Level Domain ini merupakan nama domain yang kita daftarkan. Misalnya www.banjaranyar.net. Nah, "banjaranyar" inilah yang termasuk Second Level Domain (SLD).

Beberapa domain juga menggunakan second level domain yang seolah-olah bagian dari top level domain. Contohnya, di Indonesia terdapat domain dengan akhiran .co.id, ac.idgo.id, desa.id atau web.id,  seperti yang digunakan oleh "banyumaskab.go.id". Bagian “co, ac, web, go dan desa”  di disini tetap disebut sebagai second level domain.

Third Level Domain

Third Level Domain merupakan kata yang ada di sebelah kiri dari Second Level Domain. Misalnya “banyumaskab.go.id” Kata "banyumas" inilah yang merupakan Third Level Domain. Terkadang, masyarakat menyebut Third Level Domain ini dengan sebutan sub domain (salah kaprah).

Pengertian Sub Domain

Selain struktur heriarki domain: top, second, dan third level domain, juga terdapat istilah Sub Domain. Sub Domain adalah sebutan untuk domain yang merupakan bagian dari domain utama. Sebagai contoh, jika banjaranyar ingin membuat forum khusus, bisa menggunakan sub domain di alamat forum.banjaranyar.net. Atau jika www.google.com adalah domain utama, maka mail.google.com adalah sub domain dari situs google. Bagian “forum” dan “mail” inilah yang dimaksud dengan sub domain.

Terkait dengan sub domain, DINKOMINFO Kabupaten Banyumas memberikan sub domain kepada desa-desa di Kabupaten Banyumas sebagai alamat website desa secara gratis untuk mempermudah masyarakat dan desa di lingkungan Kabupaten Banyumas mengakses informasi tentang desa.

Sebagai contoh alamat website Desa Banjaranyar Kecamatan Sokaraja sub domain "banyumaskab.go.id" adalah “banjaranyar.sokarajakec.banyumaskab.go.id”. Kalau dieja memang cukup panjang dan susah untuk diingat, tidak bisa dijadikan branding desa.

Dari kelemahan sub domain tersebut, ada beberapa desa yang mendaftarkan domain desanya sebagai Second Level Domain (SLD) atau Third Level Domain, contohnya : “banjaranyar.net, watuagung.id, susukan.online” dan ada juga yang menggunakan branding desa.id, contohnya : “wlaharwetan.desa.id, dermaji.desa.id”.

Desa Banjaranyar menggunakan branding “banjaranyar.net” yang dikhususkan untuk aplikasi berbasis internet (online) yang meliputi aplikasi PBB, Perangkat dan Cloud dan juga beberapa tulisan berita untuk melatih warga desa ikut berkontribusi menulis tentang desa.

Untuk sub domain dari “banyumaskab.go.id” Pemerintah Desa Banjaranyar menyajikan seputar Aparatur dan Pemerintahan Desa dengan menghubungkan antara domain “banjaranyar.net” dengan sub domain “banjaranyar.sokarajakec.banyumaskab.go.id” melalui back link. Dan ternyata back link tersebut dapat meningkatkan DA/PA (Domain Authority/Page Authority) yang kalau diartikan sederhana DA/PA adalah, tingkat kepercayaan Domain dan Halaman website terhadap mesin pencari (search engine) yang dilambangkan dengan angka antara 0-100.

DA/PA untuk “banjaranyar.net” adalah 14/28. Masih rendah memang angka tersebut, tapi untuk ukuran umur domain dan banyaknya artikel pada website, angka 14/28 sudah tergolong lumayan. Untuk DA/PA “banyumaskab.go.id” adalah 42/42.

Dengan saling memberikan back link, selain meningkatkan DA/PA branding sendiri juga dapat membantu meningkatkan DA/PA “banyumaskab.go.id”. Selain tehnik back link, kita juga perlu menggunakan tehnik Search Engine Optimization (SEO) atau Optimisasi Mesin Pencari. (admin/sukirso).

>>> Artikel Lainnya

 

Cari Halaman

.

Komentar